Posted by : bebek_hatori 8/10/2010

MAEMO
Maemo merupakan sebuah perkembangan platform yang bersifat sumber terbuka untuk perangkat-perangkat yang menggunakan sistem Linux, seperti internet tablet, yang mewarisi arsitektur Linux dari sistem operasi Unix.Nokia telah merilis tiga internet tablet menggunakan platform Maemo, yaitu Nokia 770, Nokia N800, dan Nokia N810, dan yang terbaru Nokia N900

Para pengembang memperingatkan bahwa keamanan Maemo terkonsentrasi pada pencegahan penyerangan telepon genggam (misalnya: jaringan tanpa kabel dan bluetooth). Maemo menyediakan cara penguncian kontrol perangkat dan menampilkannya dengan kode akses berbentuk angka untuk mencegah akses yang tidak bertanggungjawab.

Perangkat Lunak
Maemo memiliki sejumlah perangkat perangkat lunak, seperti mesin pencari dengan basis Mozilla, Adobe Flash, dan Skype. Selain itu, karena bersifat sumber terbuka, terdapat sejumlah aplikasi pihak ketiga dalam Maemo, baik yang dibuat khusus untuk Maemo maupun program Linux yang sudah ada, yaitu:


MEEGO
Setelah Samsung meluncurkan system operasi mobile phone terbaru bernama Bada, kemudian Microsoft yang hadir dengan Windows Phone Mobile 7, kini ada system operasi ponsel baru lagi yang diberi nama MeeGo. MeeGo merupakan sebuah system operasi berbasis platform Linux yang akan didesain oleh dua perusahaan besar, Intel dan Nokia.

MeeGo merupakan versi hybrid dari system operasi Nokia Maemo dan Intel Moblin. Platform MeeGo akan digunakan sebagai nyawa smartphone di masa mendatang dan bisa diguanakan pula di netbook. Seperti berita dan artikel mengenai sifat open source Maemo, maka MeeGo OS ini juga akan digunakan sebagai open source, berbasis Linux. MeeGo akan support arsitektur ARM dan processor Intel Atom. MeeGo merupakan system operasi advanced yang nyaman digunakan untuk beragam avatar, bahkan untuk system operasi di PC desktop, OS di smartphone dan di tablet PC. MeeGO sendiri akan diaplikasikan di device pertama yang akan hadir di akhir tahun 2010 ini. MeeGo ditujukan untuk menjadi satu system operasi di semua platform. Belum diketahui, apakah ponsel dengan brand Nokia juga akan menggunakan system operasi ini atau tidak.


MeeGo adalah Linux berbasis open source mobile sistem operasi proyek yang telah diumumkan pada Mobile World Congress pada bulan Februari 2010 oleh Intel dan Nokia dalam konferensi pers bersama. Its aim is to merge the efforts of Intel on Moblin and of Nokia on Maemo into one project. Tujuannya adalah untuk menggabungkan upaya Intel Moblin dan Nokia pada Maemo menjadi satu proyek. It is hosted by the Linux Foundation . Menurut Intel, MeeGo dikembangkan karena Microsoft tidak menawarkan komprehensif Windows 7 dukungan untuk prosesor Atom . Awalnya dijadwalkan untuk menjadi Maemo 6, sekarang dianggap sebagai contoh MeeGo (meskipun bukan produk MeeGo), dan Nokia menyerah branding Maemo untuk Harmattan dan seterusnya (Maemo 5, alias Fremantle, dan versi sebelumnya akan tetap disebut sebagai Maemo).
Dari sudut pandang pengembangan, yang terutama alamat cara mengadopsi perangkat lunak dari komunitas perangkat lunak bebas karena lisensi, MeeGo perangkat lunak dapat diklasifikasikan ke dalam dua kategori: Sistem Operasi (OS) perangkat lunak dan Pengalaman Pengguna (UX) perangkat lunak. Perangkat lunak OS terutama harus menggunakan lisensi copyleft untuk menjamin keterbukaan sistem yang mendasarinya, sedangkan perangkat lunak harus UX dominan dari lisensi BSD-style, yang tidak menghalangi pembangunan eksklusif dan dengan demikian mendorong pembuat perangkat dan vendor OS untuk membuat turunan pekerjaan dan membedakan masing-masing produk.

Lisensi teknologi MeeGo dikembangkan, seperti cepat-boot, kekuasaan dan optimasi kecepatan adalah kepentingan untuk turunan produk dan proyek. Mereka tersebar di antara teknologi sistem dan tidak dapat dengan mudah diisolasi keluar. , sebuah layanan sistem baru dan peluncur perangkat lunak yang disebut "uxlaunch", yang tweaker depan baca-komponen, sedikit dioptimalkan dan tuning di antara banyak layanan perangkat lunak. Kebijakan lisensi adalah bahwa perubahan harus mengikuti lisensi dasar karya itu atas mana mereka dibuat, artinya, kebijakan lisensi proyek sesuai's hulu. Sebagai contoh, bekerja MeeGo pada kernel Linux tersedia di bawah lisensi dari kernel Linux.


ANDROID
Android adalah Google 's Linux sistem operasi untuk perangkat mobile . It is a competitor to the Symbian platform , Apple 's iOS for the iPhone , Blackberry OS , WebOS , Maemo and Microsoft 's Windows Mobile and Windows Phone for mobile devices all based on ARM architecture . Ini merupakan pesaing dengan platform Symbian , Apple 's IOS untuk iPhone , Blackberry OS , WebOS , Maemo dan Microsoft 's Windows Mobile dan Windows Telepon untuk perangkat mobile semua didasarkan pada arsitektur ARM

Teknologi, Android termasuk middleware dan aplikasi kunci, dan menggunakan kernel Linux dan lainnya GNU perangkat lunak. Pada awalnya dikembangkan oleh Android Inc, sebuah perusahaan yang kemudian dibeli oleh Google , dan akhir-akhir ini oleh yang Open Handset Alliance . Hal ini memungkinkan pengembang untuk menulis kode dikelola dalam bahasa Jawa , pengendalian perangkat Jawa dikembangkan melalui perpustakaan-Google.

Sistem operasi Android software stack terdiri dari aplikasi Java berjalan pada berbasis Java berorientasi objek kerangka aplikasi di atas inti perpustakaan Jawa berjalan pada mesin virtual Dalvik menampilkan kompilasi JIT . Pembukaan dari distribusi Android pada tanggal 5 November 2007 mengumumkan dengan pendiri Open Handset Alliance , sebuah konsorsium dari 71 perangkat keras , perangkat lunak , dan telekomunikasi perusahaan yang ditujukan untuk memajukan standar terbuka untuk perangkat mobile. Google dirilis paling dari kode Android di bawah Lisensi Apache , sebuah perangkat lunak bebas dan open source lisensi

Menurut NPD Group , penjualan unit untuk OS smartphone Android peringkat kedua di antara semua smartphone OS handset yang dijual di AS pada kuartal pertama tahun 2010. BlackBerry OS dan IOS peringkat pertama dan ketiga masing-masing. A Nielsen laporan triwulan yang sama ditempatkan Android di tempat keempat dengan 9% dari pasar


Akuisisi oleh Google
Pada bulan Juli 2005, Google mengakuisisi Android, Inc, sebuah kecil perusahaan startup yang berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat . 's co-pendiri Android yang pergi untuk bekerja di Google termasuk Andy Rubin (co-pendiri Danger ), Rich Miner (co-pendiri Kebakaran liar Communications, Inc), [21] Nick Sears (sekali VP di T-Mobile ), dan Chris White (diketuai desain dan pengembangan antarmuka di Webtv ). Pada waktu, hanya sedikit yang diketahui tentang fungsi Android, Inc lain dari itu mereka membuat perangkat lunak untuk ponsel. ini mulai desas-desus bahwa Google berencana untuk memasuki ponsel pasar.

Kerjasama dengan Android Inc.
Pada Juli 2000, Google bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, di antaranya Andy Rubi, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler.
2007-2008:

Produk awal
Sekitar September 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler (akhirnya Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis telepon pintar yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada 5 Januari 2010).
Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat mobile yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru.

Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps - aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. EGIE si GANTENG MAUDDDAugust 10, 2010 at 6:10 PM

    aduhhhh

    abdi mah ngangge hp monochrome teu ngarti nu kieu kieu...

    tapi tetep hejoooooooLah....

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sudah berkunjung ke clasterijo.

    ReplyDelete

Popular Post

Followers

- Copyright © 2013 clasterijo -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -